life in words

Obama’s Inauguration Speech

Posted on: Januari 21, 2009

Menyimak pidato resmi pertama setelah resmi dilantik menjadi presiden US ke-44, yang diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 2009 ternyata cukup mengecewakan, sebagai tokoh harapan masayarakat international yang dianggap sebagai sebuah perubahan penting agaknya belum tercermin dalam pidato kenegaraan pertama nya.

Pidato yang hanya berisi segala macam terima kasih, sanjungan-sanjungan, bahkan lebih berkesan menyombongkan diri dan Amerika Serikat. Bahkan sangat berbeda dengan segala macam pidato2 dalam kampanye dan pidato kemenangan Barack Obama pada saat itu yang penuh antusiasme.

Pidato Barack Obama pada pelantikan ini terkesan sangat terlalu berhati-hati dan terlalu terbuka, sehingga sulit menafsirkan maksudnya. Beberapa point yang saya kira penting dalam pidatonya adalah sebagai berikut:

1. Remaking America, memaparkan bagaimana Amerika pada saat ini dan berencana membangun kembali Amerika yang baru untuk dapat mengikuti perkembangan tuntutan dan jaman. Menghadapi krisis yang ada di Amerika mereka perlu bekerja keras dan berusaha sekuat mungkin untuk keluar dari krisis. Hal ini terurai hampir sepanjang seluruh pidatonya.

2. Terorisme, walaupun tidak secara explisit menyebutkan masalah teroris tapi tergambarkan dengan jelas bahwa ia dan Amerika tidak akan mentolerir segala bentuk tindakan teroris yang mengancam, dan Amerika lebih kuat dan akan sanggup menghancurkan mereka. Amerika terlihat tidak merasa bersalah atas tindakan nya selama ini termasuk agresi ke Irak, Afghanistan dan dukungan terhadap serangan Israel ke jalur Gaza. Berikut adalah kutipan dalam pidatonya : “We will not apologise for our way of life, nor will we waver in its defence, and for those who seek to advance their aims by inducing terror and slaughtering innocents, we say to you now that our spirit is stronger and cannot be broken; you cannot outlast us, and we will defeat you.”

3. Perdamaian, mengenai hal ini memang pantas diajungkan jempol dimana Barack Obama berani menaruh Moslem berdampingan dengan Christian dalam pidatonya sebelum hindu dan yahudi serta mencantumkan walaupun yang tidak beriman, mengakui perbedaan bangsa dan ras serta berbagai budaya sebagai dasar pembentuk Amerika. Perang saudara dan pertikaian2 yang pernah terjadi telah membuat Amerika sadar akan pentingnya persatuan dan perdamaian dan dimana Amerika akan berperan dalam perdamaian dunia. Berikut adalah petikan pidatonya : “We are a nation of Christians and Muslims, Jews and Hindus – and non-believers. We are shaped by every language and culture, drawn from every end of this earth; and because we have tasted the bitter swill of civil war and segregation, and emerged from that dark chapter stronger and more united, we cannot help but believe that the old hatreds shall someday pass; that the lines of tribe shall soon dissolve; that as the world grows smaller, our common humanity shall reveal itself; and that America must play its role in ushering in a new era of peace.”

4. Kemiskinan, bahwa Amerika akan membantu negara-negara miskin untuk dapat lebih makmur. Karena negara2 makmur seperti mereka (Amerika-red) yang telah menikmati kelebihan tidak lagi dapat melihat kemiskinan dan kesengsaraan di luar sana. Berikut kutipan pidatonya : “To the people of poor nations, we pledge to work alongside you to make your farms flourish and let clean waters flow; to nourish starved bodies and feed hungry minds. And to those nations like ours that enjoy relative plenty, we say we can no longer afford indifference to suffering outside our borders; nor can we consume the world’s resources without regard to effect. For the world has changed, and we must change with it.”

Itulah 4 point terpenting yang tergambarkan dalam pidato pelantikan Barack Obama yang dapat saya tangkap. Yah mungkin penafsiran orang berbeda-beda tergantung kepentingan dan posisi dari masing-masing pihak, mungkin juga hal ini lah yang membuat mengapa pidatonya sedemikian terbuka sehingga diharapkan bisa memuaskan banyak pihak dan tidak menyinggung siapa pun.

Cukup mengecewakan dimana disaat banyak orang di dunia mengharapkan suatu perubahan besar dalam diri seorang Obama yang mempunyai latar belakang yang unik. Dan dalam setiap kampanye Obama selalu menyerukan perubahan “CHANGE”.  Banyak orang berpikir akan ada kata-kata kecaman dan sikap Amerika dalam krisis di Teluk, Afghanistan dan Gaza. Cukup aneh mengingat hal2 inilah yang mungkin telah membuat Obama menang dalam pemilu.

Yah kita masih menunggu kepemimpinan Obama di hari-hari mendatang apakah ia akan sebaik harapan banyak orang atau juga tetap sebagai seorang politisi, yang “Banyak berjanji pada saat kampanye saja”. Yah untuk saya pribadi cukup mengecewakan mengingat bahwa kita sudah harus begadang menunggu Pidatonya yang baru dimulai hampir jam 12 malam. Sudah harus begadang untuk mendengarkan sesuatu yang tidak terlalu bagus.

Pidato resmi kenegaraan pertama Obama pada pelantikannya dapat dilihat di:

Obama’s Inauguration Speech – BBChttp://news.bbc.co.uk/2/hi/americas/obama_inauguration/7840646.stm

Ps: Mungkin kalo gue orang Amrik sih gue seneng banget, ama pidatonya hebat….

Related post:

The Inauguration Barack Obama

3 Tanggapan to "Obama’s Inauguration Speech"

Yah di doain aja deh berhasil, lagian kalo gk berhasil pasti malu dia, sebagai presiden kulit hitam pertama.

setuju dengan pak LUC!FER…. semoga si husein obama bawa perubahan pada dunia…amin

ga yakin gue staff mentri2 nya keras……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

gibol.co.cc email Login
gibol

Gibol

Jakarta
devoted to love, sex, money, n my brain.
born as a SAINT, fight as a HERO n die as a GOD

email: gib0l[at]yahoo[dot]com

gibol on email gibol on facebook gibol on twitter

Kategori

  • 12,747 times


Powered by FeedBurner


My Popularity (by popuri.us)


Creative Commons License
life in words by gibol is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.

%d blogger menyukai ini: